Tiga Ribu Lima Ratus

Tiga ribu lima ratus itu, tiga lembar kertas seribuan dan satu koin lima ratusan.
Tiga ribu lima ratus itu, tiga koin seribuan dan satu koin lima ratusan.
Tiga ribu lima ratus itu. tujuh koin lima ratusan.
Tiga ribu lima ratus itu, satu lembar lima ribuan dan kembalian satu lembar seribuan ditambah satu koin limaratusan..

Tiga ribu lima ratus itu, biaya yang harus dibayarkan jika saia naik bus Transjakarta diatas jam 07.00 WSS (waktu shelter setempat). Yup, dengan tiga ribu lima ratus, saia bisa menyusuri ruas-ruas protokol Jakarta mulai dari koridor satu hingga sepuluh, mulai dari Ancol sampai Ragunan. Dari Monas sampai ke Kota.  

Tiga ribu lima ratus itu sering diucapkan ketika penumpang tidak mau menaiki bus bila bus terlihat penuh, padahal masih ada space untuk banyak orang. "Bayar tiga ribu lima ratus mau sepi, naik taksi aja Bu." Kalimat ini bisa dikeluarkan dari mulut penumpang lain yang kesal atau petugas bus transjakarta yang jengkel.

Tiga ribu lima ratus itu, uang yang menggenapkan salary petugas transjakarta dalam satu bulan. Jangan dilihat tiga ribu lima ratusnya, tapi lihat kelipatannya. Namun, satu lipat tiga ribu lima ratus pun kalau tidak ada ya, tidak genaplah salary yang diterima para petugas transjakarta.

Tiga ribu lima ratus sangat berharga, sama seperti lima ratus yang dapat saya tukarkan dengan sebungkus lada di tukang sayur, atau satu batang gerry cokolatos rasa coklat kacang.

Tiga ribu lima ratus.. yang mengantarkan saya pergi ke bilangan Sudirman setiap pagi dan tiga ribu lima ratus pula yang mengembalikan saya ke baiti jannati..


gambar diambil dari sini.


0 comments:

Posting Komentar

 
;